Thursday, September 13, 2012

Mengenal Reksadana

Definisi Reksadana
Menurut UUPM No.8 Tahun 1995, reksadana didefinisikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Widjaja dan Mahayuni (2009) menyatakan dari definisi reksadana tersebut terkandung karakteristik dari reksadana yaitu
1.    Reksadana merupakan kumpulan dana dan pemilik (investor).
2.    Diinvestasikan pada efek yang dikenal dengan instrumen investasi.
3.    Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
4.    Reksadana tersebut merupakan instrumen jangka menengah dan pajang.

Keuntungan Investasi Reksadana
Selain investasi di reksadana menawarkan keuntungan yang cukup menarik, ada beberapa keuntungan lain yang dapat diperoleh jika melakukan investasi reksadana, yaitu
1.    Investasi dikelola manajemen yang professional
Dalam perusahaan reksadana terdapat manajer investasi yang bertugas untuk menganalisis pasar dan membantu investor yang tidak memiliki kemampuan untuk menganalisis sendiri dalam pengambilan keputusan investasi.
2.    Batas minimum investasi rendah
Dengan sistem penghimpunan dana dari berbagai investor, maka seorang investor dapat berinvestasi reksadana walaupun dengan dana yang terbatas.
3.    Kemudahan cara pembelian
Para calon investor dapat langsung membeli reksadana di perusahaan reksadana sehingga mampu terhindar dari biaya pembelian (sales charge).
4.    Risiko investasi rendah
Investasi reksadana berarti melakukan investasi diberbagai jenis efek sehingga kemungkinan penurunan nilai efek secara bersamaan  kecil.
5.    Kemudahan menjual kembali
Pada reksadana terbuka, perusahaan penerbit reksadana wajib membeli kembali reksadana yang dijualnya sehingga investor tidak perlu khawatir akan likuiditas dana yang diinvestasikannya.
6.    Perlindungan pemerintah
Adanya Bapepam-LK yang berperan sebagai pengawas pasar modal dan lembaga keuangan serta dibuatnya Undang-Undang Pasar Modal merupakan bentuk perlindungan yang dilakukan pemerintah bagi investor.
7.    Perkembangan saham-saham reksadana lebih mudah dipantau
Perkembangan saham dalam reksadana lebih mudah dipantau karena perhitungan yang rumit dan sulit telah dilakukan oleh manajer investasi sehingga investor cukup melihat hasil analisis dan perhitungannya saja.

No comments:

Post a Comment